ADB menyetujui pinjaman investasi sebesar US$650 juta untuk meningkatkan fasilitas perawatan kesehatan primer di Indonesia | Healthcare Asia Magazine
, Indonesia
/ADB

ADB menyetujui pinjaman investasi sebesar US$650 juta untuk meningkatkan fasilitas perawatan kesehatan primer di Indonesia

Dana ini akan melengkapi lebih dari 10.000 fasilitas kesehatan dan 500 laboratorium di seluruh negeri.

Asian Development Bank (ADB) memberikan lampu hijau untuk pinjaman investasi US$650 juta untuk meningkatkan dan memperkuat fasilitas perawatan kesehatan primer serta laboratorium kesehatan masyarakat di Indonesia guna meningkatkan pencegahan, deteksi, dan pengobatan berbagai penyakit.

Primary Healthcare and Public Health Laboratories Upgrading and Strengthening (PLUS) secara langsung mendukung dua proyek pemerintah dalam Health System Transformation Agenda: Strengthening of Primary Healthcare in Indonesia (SOPHI); dan Indonesia-Public Health Laboratory System Strengthening (InPULS).

Proyek PLUS akan melengkapi lebih dari 10.000 fasilitas layanan kesehatan primer dan lebih dari 500 laboratorium kesehatan masyarakat di seluruh negeri untuk memenuhi standar layanan minimum pemerintah. Dukungan ini akan mencakup pengadaan peralatan, pengiriman, penyelesaian, pelatihan pengguna, layanan operasi dan pemeliharaan (O&M), serta pengembangan kapasitas dalam O&M.

“Ini merupakan yang ketiga dalam serangkaian dukungan ADB kepada Pemerintah Indonesia dalam pengembangan dan implementasi Agenda Transformasi Sistem Kesehatan pasca-pandemi,” kata Direktur Pengembangan Manusia dan Sosial ADB, Karin Schelzig.

“Proyek bersejarah ini, dengan investasi total hampir mencapai US$4 miliar dan didanai bersama oleh tiga bank pembangunan multilateral lainnya yaitu Asian Infrastructure Investment Bank, Islamic Development Bank dan World Bank yang akan menangani kesenjangan kritis dan disparitas dalam kesiapan pelayanan fasilitas layanan kesehatan primer, laboratorium masyarakat, dan rumah sakit rujukan di negara ini menuju akses universal terhadap layanan kesehatan berkualitas serta peningkatan ketahanan dan kekuatan sistem kesehatan," tambah Schelzig.

Proyek ini akan memberikan kontribusi signifikan terhadap mitigasi perubahan iklim di sektor kesehatan dengan memperbarui fasilitas menggunakan peralatan yang hemat energi. Memperkuat jaringan laboratorium kesehatan masyarakat juga akan meningkatkan ketahanan kesehatan serta kesiapsiagaan dalam menghadapi ancaman pandemi di masa depan, termasuk yang terkait dengan perubahan iklim.

Pemindaian AI terkini meningkatkan diagnosa di Shin Kong Wu Ho-Su Memorial Hospital

Rumah sakit di Taiwan ini menggunakan teknologi endoskop yang dibantu AI untuk mendeteksi polip dan kamera resolusi tinggi untuk telemedis.

The Medical City membuka jalan bagi integrasi AI dalam layanan kesehatan lokal dan penelitian dengan Lunit

AI telah diintegrasikan ke dalam layanan mamografi dan rontgen dada di jaringan rumah sakit ini.

RUU data kesehatan Singapura mewajibkan pengaturan pemberian informasi

Untuk memastikan pengungkapan dan pemberian data, Kementerian Kesehatan dapat memberlakukan denda hingga $1 juta atas ketidakpatuhan.

Implantologi Digital, Jalan Dentway untuk pendarahan minimal dari operasi implan gigi

Rumah sakit gigi Taiwan menjamin pemulihan penuh dari prosedur tanpa jahitan dalam waktu seminggu atau dua minggu, bahkan untuk penderita diabetes.

China Medical University Hospital mengembangkan sistem AI yang telah menyelamatkan nyawa sebanyak 30% pasien

Salah satu platform AI mereka  adalah sistem triase yang dapat mengidentifikasi serangan jantung dalam waktu hampir 40 detik.

Rumah sakit TMU memperoleh kemajuan dengan DeepBrain-Cognito untuk mendeteksi risiko demensia secara dini

Sistem Layanan Kesehatan TMU mendefinisikan ulang rumah sakit pintar dengan perangkat lunak dan  terobosan AI.

Rumah sakit KMU mengadopsi teknologi Denmark untuk meredakan stres ibu hamil dalam proses persalinan.

Ini akan mengurangi beban kerja perawat dan mengatasi kepadatan di ruang gawat darurat.

Sistem Da Vinci CGMH menetapkan standar baru untuk operasi robotik yang mahir.

Teknologi bedah robotik telah memungkinkan rumah sakit Taiwan ini untuk mengeluarkan keajaiban bedah Da Vinci, memperoleh HIMSS 7, dan memimpin masa depan perawatan pasien yang cerdas.

Sistem AI auto-contouring di rumah sakit Taiwan yang mempercepat radioterapi awal untuk tumor.

Sistem AI Far Eastern Memorial Hospital (FEMH) di Taiwan dapat menghemat 75% dari proses terapi.