Dari sebuah kebetulan menjadi sesuatu yang esensial, bagaimana PairX Bio merevolusi imunoterapi kanker | Healthcare Asia Magazine
, Singapore
259 views

Dari sebuah kebetulan menjadi sesuatu yang esensial, bagaimana PairX Bio merevolusi imunoterapi kanker

Startup ini fokus pada pengobatan kanker dengan menargetkan antigen tumor bersama.

Pada 2017, dua peneliti onkologi, David Epstein dan Raymond Lee, secara tidak sengaja menemukan bahwa pola penyambungan (splicing) dan pemotongan (cutting)RNA dapat diamati di seluruh kelompok pasien kanker yang sama, tidak hanya pada pasien kanker lambung, yang sebelumnya mereka fokuskan. Terobosan ini, mereka percaya, dapat dikembangkan menjadi pendekatan baru untuk imunoterapi kanker yang dirancang untuk membantu lebih banyak pasien.

Pengobatan kanker menggunakan inhibitor pemeriksa imun seperti terapi Ipilimumab dan CAR-T seperti Kymriah yang telah mampu meningkatkan kelangsungan hidup dan pemulihan pasien kanker. Saat ini, manfaat dari jenis perawatan ini paling menonjol pada kelompok kecil pasien.

Healthcare Asia mengobrol dengan Dr. Lee, yang sekarang menjadi salah satu scientific co-founder dari PairX Bio. Didirikan pada bulan September 2020, PairX Bio adalah start up yang meningkatkan putaran pembiayaan benih untuk membantu mengembangkan imunoterapi terhadap kanker, terutama tumor, yang saat ini memiliki pilihan terapi terbatas.

Menurut opini Anda, seberapa besar imunoterapi kanker telah mengubah lanskap onkologi secara global, di Asia Pasifik, dan Singapura?

Komunitas medis global, termasuk yang ada di Singapura, merangkul modalitas pengobatan yang menarik ini dikarenakan lebih banyaknya imunoterapi seperti sel CAR-T, checkpoint inhibitor, dan antibodi monoklonal yang terus efektif pada pasien.

Di PairX Bio, kami sedang mengembangkan imunoterapi kanker generasi berikutnya yang menargetkan antigen terkait tumor yang berasal dari protein yang disambung secara menyimpang. Platform PairX Bio dibangun di atas pemahaman mendalam tentang biologi penjaringan mRNA, yang, ketika dikombinasikan dengan metode validasi antigen dan sel T milik kami, menghasilkan validasi simultan pasangan sel T antigen tumor pada beberapa tumor yang diturunkan pasien.

Pertumbuhan imunoterapi kanker diperkirakan meningkat secara eksponensial. Meskipun demikian, sebagian besar target yang saat ini dalam uji klinis adalah target yang telah ditemukan dalam dekade terakhir. Menggunakan platform PairX Bio kami, kami bertujuan untuk mempercepat penemuan target-target ini yang dapat dieksploitasi lebih lanjut. Dengan mengidentifikasi target yang ada dalam kelompok pasien kanker, kami bertujuan untuk mengembangkan perawatan yang dapat diuji secara ketat.

Secara keseluruhan, PairX Bio memanfaatkan pemahaman sistem kekebalan tubuh dan kemampuan untuk mengidentifikasi antigen kanker yang unik dan sel T berpasangan untuk membangun alat yang diperlukan untuk mendorong kemampuan imunoterapi, terutama untuk tumor padat yang sulit diobati.

Ada beberapa perusahaan biotek yang berbasis di Singapura. Menurut Anda apa yang membuat negara ini menjadi tempat yang cocok untuk itu?

Pemerintah Singapura telah berinvestasi secara luas dalam biotek selama lebih dari 20 tahun dan saat ini tengah menuai hasilnya. Negara ini sekarang menawarkan infrastruktur biomedis yang solid, rezim hak kekayaan intelektual yang ketat, reputasi global yang tepercaya, konektivitas ke negara-negara tetangga, dan pengetahuan yang dirangkum dari industri biotek secara keseluruhan.

Berkat inisiatif yang mendorong pengembangan bakat biotek, seperti Research Innovation Enterprise Plan 2020, lebih banyak peneliti mengembangkan minat untuk bercabang ke sektor biotek, menciptakan kumpulan besar peneliti dan developer berbakat yang mempunyai ambisi terhadap biotek. Selain itu, terlepas dari dukungan keuangan yang signifikan dari pemerintah, kami juga mendapat dukungan dari investor swasta lokal seperti EVX Ventures. Faktor-faktor inilah yang menjadikan Singapura sebagai "kota impian" bagi mereka yang memulai inovasi dan perusahaan.

PairX saat ini berbasis di NSG Biolabs, yang dianggap sebagai ruang kerja bersama untuk startup biotek. Apa kelebihan hal tersebut?

NSG BioLabs menawarkan ruang laboratorium siap pakai yang sempurna untuk memungkinkan kami dapat segera fokus pada penelitian dan pengembangan produk tanpa membangun infrastruktur laboratorium dari awal. Pendekatan ini juga lebih layak secara finansial karena kita perlu menghemat pengeluaran kita dan memprioritaskan pendanaan untuk R&D. Menjadi dekat dengan pusat penelitian Biopolis memungkinkan kita untuk dengan mudah mengakses peralatan bersama dan fasilitas lain yang penting untuk R&D kita .

Karena NSG BioLabs merupakan inkubator startup, kami memiliki kesempatan untuk berinteraksi dengan orang-orang yang berpikiran sama dan belajar satu sama lain dalam berbagai aspek, seperti mengatasi tantangan membangun perusahaan baru. Kami adalah bibit yang berusaha menemukan jalan kami melalui tantangan-tantangan ini, dan senang berada di lingkungan di mana orang lain berada pada gelombang yang sama dan berbicara dalam bahasa yang sama sehingga kami dapat belajar dari satu sama lain untuk tumbuh.

Bantuan apa yang diperoleh perusahaan Anda dari pemerintah Singapura? Seberapa besar manfaatnya bagi Anda?

Seiring dengan meningkatnya dorongan dari pemerintah Singapura dalam mempercepat pembangunan dalam sektor sains dan teknologi, upaya kami kami sangat disambut dengan baik.

Kami telah menerima dukungan dalam menumbuhkan startup kami lewat inisiatif pemerintah seperti Enterprise SG. Dengan bantuan mereka, kami dapat membawa bakat luar negeri untuk menambah keterampilan dan keahlian khusus yang sangat penting bagi R&D kami, yang sangat sulit pada masa pandemi ini. Enterprise SG juga menuntun dan mengajari kita banyak hal tentang fase awal membangun perusahaan, yang sangat membantu dalam menemukan pijakan kita.

Menurut Anda, dengan fokus pada penelitian bioteknologi, bagaimana hal tersebut kemudian bermanfaat bagi Singapura dan dunia serta bagi bidang kedokteran?

Singapura siap menciptakan keahlian dan kemampuan yang relevan untuk membangun industri biomedis lokal yang lebih kuat. Ini akan makin mendorong Singapura untuk menjadi pemain utama dalam pengembangan pelayanan kesehatan dengan manfaat lokal dan global. Misalnya, populasi yang menua secara global membutuhkan bidang medis untuk menjalani perubahan signifikan untuk menentukan apa yang dibutuhkan untuk penuaan yang sehat dan untuk mengobati penyakit kronis. Keahlian biomedis yang telah dibangun Singapura dapat membantu mendorong perubahan itu dengan memungkinkan inovasi solusi yang berlaku tidak hanya untuk populasi yang menua di Singapura, tetapi juga secara global.

Selain pandemi, tantangan apa lagi yang dihadapi perusahaan Anda dan industri biotek?

Industri biotek R&D lokal masih dalam tahap awal, dan kita harus mengejar ketinggalan untuk mencapai tingkat yang terlihat di ekosistem yang sudah mapan seperti di Boston, Amerika Serikat. Kami percaya bahwa banyak perusahaan biotek lokal harus memajukan diri mereka sendiri untuk mendapatkan pijakan yang kuat di lokasi lain untuk lebih mengembangkan produk dan inovasi mereka, terutama selama fase hilir seperti CMC (chemistry, manufacturing, and controls) dan berkolaborasi dengan badan pengawas untuk memulai uji klinis.

Karena itu, perusahaan-perusahaan Singapura secara aktif mengejar pengembangan produk tahap lanjut di luar negeri dengan tujuan akhirnya untuk membawa pengetahuan semacam itu ke dalam ekosistem Singapura, untuk itu kami akan aktif dengan perlahan dan berupaya terus-menerus.

Follow the links for more news on

Pemindaian AI terkini meningkatkan diagnosa di Shin Kong Wu Ho-Su Memorial Hospital

Rumah sakit di Taiwan ini menggunakan teknologi endoskop yang dibantu AI untuk mendeteksi polip dan kamera resolusi tinggi untuk telemedis.

RUU data kesehatan Singapura mewajibkan pengaturan pemberian informasi

Untuk memastikan pengungkapan dan pemberian data, Kementerian Kesehatan dapat memberlakukan denda hingga $1 juta atas ketidakpatuhan.

Implantologi Digital, Jalan Dentway untuk pendarahan minimal dari operasi implan gigi

Rumah sakit gigi Taiwan menjamin pemulihan penuh dari prosedur tanpa jahitan dalam waktu seminggu atau dua minggu, bahkan untuk penderita diabetes.

China Medical University Hospital mengembangkan sistem AI yang telah menyelamatkan nyawa sebanyak 30% pasien

Salah satu platform AI mereka  adalah sistem triase yang dapat mengidentifikasi serangan jantung dalam waktu hampir 40 detik.

Rumah sakit TMU memperoleh kemajuan dengan DeepBrain-Cognito untuk mendeteksi risiko demensia secara dini

Sistem Layanan Kesehatan TMU mendefinisikan ulang rumah sakit pintar dengan perangkat lunak dan  terobosan AI.

Rumah sakit KMU mengadopsi teknologi Denmark untuk meredakan stres ibu hamil dalam proses persalinan.

Ini akan mengurangi beban kerja perawat dan mengatasi kepadatan di ruang gawat darurat.

Sistem Da Vinci CGMH menetapkan standar baru untuk operasi robotik yang mahir.

Teknologi bedah robotik telah memungkinkan rumah sakit Taiwan ini untuk mengeluarkan keajaiban bedah Da Vinci, memperoleh HIMSS 7, dan memimpin masa depan perawatan pasien yang cerdas.

Sistem AI auto-contouring di rumah sakit Taiwan yang mempercepat radioterapi awal untuk tumor.

Sistem AI Far Eastern Memorial Hospital (FEMH) di Taiwan dapat menghemat 75% dari proses terapi.

Rumah Sakit Jhong Jheng menggunakan robotika canggih untuk mengurangi waktu operasi dan infeksi

Robot bedah ROSA AI dapat diakses oleh ahli bedah muda maupun yang berpengalaman.