Implantologi Digital, Jalan Dentway untuk pendarahan minimal dari operasi implan gigi | Healthcare Asia Magazine
, Taiwan
277 views

Implantologi Digital, Jalan Dentway untuk pendarahan minimal dari operasi implan gigi

Rumah sakit gigi Taiwan menjamin pemulihan penuh dari prosedur tanpa jahitan dalam waktu seminggu atau dua minggu, bahkan untuk penderita diabetes.

Dentway International Dental Group, rumah sakit gigi pertama dan satu-satunya di Taiwan, telah menerapkan prosedur gigi digital yang mengurangi luka bedah selama implan gigi, yang memberikan manfaat bagi pasien diabetes yang mengalami proses penyembuhan luka yang lambat.

Dentway International Dental Hospital menggunakan operasi implan gigi digital, yang merupakan proses yang lebih sederhana dan canggih karena hanya memerlukan sedikit gusi (gingiva) sebelum menempatkan implan gigi ke dalam tulang.

Dengan prosedur ini, pasien dengan tekanan darah tinggi dan diabetes tidak perlu khawatir tentang pendarahan berlebihan karena luka hampir seukuran dengan implan gigi. Jumlah pendarahan akan sedikit atau bahkan hampir tidak ada sama sekali.

"Sebagian besar prosedur tanpa lipatan tidak memerlukan jahitan karena luka hampir sama besar dengan implan gigi," jelas Chu Yin Nan, spesialis pendidikan dan pelatihan di Dentway International Dental Group, dalam wawancara dengan Healthcare Asia di Healthcare+ Expo 2023 di Taiwan.

Chu mengatakan bahwa prosedur ini dapat menggantikan operasi implan gigi tradisional, yang memerlukan pemotongan sejumlah besar gusi untuk menciptakan lipatan gingiva sebelum penempatan implan gigi. Setelah itu, jahitan diperlukan karena dokter gigi perlu menutup lipatan untuk penyembuhan.

Implan gigi adalah ketika kita mengganti akar gigi dengan pos logam berbentuk sekrup dan mengganti gigi yang rusak atau hilang dengan gigi palsu.

"Implan gigi ditempatkan secara bedah ke dalam rahang Anda. Setelah implan gigi tertanam, osseointegrasi akan terjadi selama tiga bulan memungkinkan tulang dan implan gigi untuk membentuk ikatan yang sangat kuat untuk menahannya," jelas Chu.

Diagnosis rinci

Untuk implan tradisional, diagnosis tidak sepresisi dengan sinar-X 3D yang canggih karena menggunakan sinar-X 2D untuk mendiagnosis gigi yang hilang pada pasien.

Dengan teknologi implan digital, sinar-X ditingkatkan menjadi 3D, yang berarti dapat "mendiagnosis dimensi tulang alveolar pasien, tinggi, dan kepadatannya," kata Chu.

"Menggunakan digital dapat memberikan informasi yang lebih rinci tentang pasien sehingga dokter gigi memiliki perencanaan perawatan yang lebih rinci," kata Chu.

Pemulihan lebih cepat

Dengan pendarahan yang berkurang, implan digital mendorong waktu pemulihan yang lebih cepat, menurut Chu. Pemulihan untuk jaringan lunak akan memakan waktu sekitar satu minggu tetapi implan tradisional, yang menerapkan jahitan, membutuhkan dua minggu pemulihan.

"Pasien akan lebih sedikit khawatir karena tidak mempengaruhi kehidupan sehari-hari mereka setelah operasi. Pasien hanya perlu kembali setelah tiga bulan (Osseointegrasi) karena jahitan sama sekali tidak diperlukan," kata Chu.

Selama tiga dekade terakhir, Dentway International Dental Group telah menciptakan integrasi satu atap yang mencakup klinik dan rumah sakit, bahan gigi, laboratorium gigi digital, integrasi gambar medis digital, apotek, manajemen medis, dan pusat pendidikan.

Rumah sakit juga berusaha memimpin secara digital di Taiwan dengan membawa teknologi digital canggih dan keterampilan serta terus menciptakan teknologi canggih baru dalam industri gigi.

Follow the link for more news on

Pemindaian AI terkini meningkatkan diagnosa di Shin Kong Wu Ho-Su Memorial Hospital

Rumah sakit di Taiwan ini menggunakan teknologi endoskop yang dibantu AI untuk mendeteksi polip dan kamera resolusi tinggi untuk telemedis.

The Medical City membuka jalan bagi integrasi AI dalam layanan kesehatan lokal dan penelitian dengan Lunit

AI telah diintegrasikan ke dalam layanan mamografi dan rontgen dada di jaringan rumah sakit ini.

RUU data kesehatan Singapura mewajibkan pengaturan pemberian informasi

Untuk memastikan pengungkapan dan pemberian data, Kementerian Kesehatan dapat memberlakukan denda hingga $1 juta atas ketidakpatuhan.

Implantologi Digital, Jalan Dentway untuk pendarahan minimal dari operasi implan gigi

Rumah sakit gigi Taiwan menjamin pemulihan penuh dari prosedur tanpa jahitan dalam waktu seminggu atau dua minggu, bahkan untuk penderita diabetes.

China Medical University Hospital mengembangkan sistem AI yang telah menyelamatkan nyawa sebanyak 30% pasien

Salah satu platform AI mereka  adalah sistem triase yang dapat mengidentifikasi serangan jantung dalam waktu hampir 40 detik.

Rumah sakit TMU memperoleh kemajuan dengan DeepBrain-Cognito untuk mendeteksi risiko demensia secara dini

Sistem Layanan Kesehatan TMU mendefinisikan ulang rumah sakit pintar dengan perangkat lunak dan  terobosan AI.

Rumah sakit KMU mengadopsi teknologi Denmark untuk meredakan stres ibu hamil dalam proses persalinan.

Ini akan mengurangi beban kerja perawat dan mengatasi kepadatan di ruang gawat darurat.

Sistem Da Vinci CGMH menetapkan standar baru untuk operasi robotik yang mahir.

Teknologi bedah robotik telah memungkinkan rumah sakit Taiwan ini untuk mengeluarkan keajaiban bedah Da Vinci, memperoleh HIMSS 7, dan memimpin masa depan perawatan pasien yang cerdas.

Sistem AI auto-contouring di rumah sakit Taiwan yang mempercepat radioterapi awal untuk tumor.

Sistem AI Far Eastern Memorial Hospital (FEMH) di Taiwan dapat menghemat 75% dari proses terapi.