HealthierSG meringankan beban kerja rumah sakit dan mengurangi pengeluaran perawatan kesehatan | Healthcare Asia Magazine
, Singapore
980 views
/Unsplash

HealthierSG meringankan beban kerja rumah sakit dan mengurangi pengeluaran perawatan kesehatan

Reformasi perawatan kesehatan di Singapura melibatkan general practitioner (GP) dan dokter keluarga untuk menerapkan perawatan pencegahan di masyarakat.

Dengan didirikannya pusat perawatan rawat jalan, beberapa rumah sakit besar di Singapura berupaya mengatasi kelebihan kapasitas mereka. Strategi yang sama diterapkan dengan HealthierSG, yang berupaya menempatkan fokus yang lebih tinggi pada perawatan pencegahan dengan pendekatan berbasis ekosistem yang melibatkan dokter umum dan pusat perawatan masyarakat, melepaskan beban dari rumah sakit perawatan tersier.

“Gagasan utama di balik HealthierSG adalah mengalihkan penekanan sistem perawatan kesehatan dari pengobatan ke pencegahan. Dalam jangka panjang, ini akan menghasilkan kesehatan yang lebih baik bagi penduduk dengan biaya lebih rendah. Agar hal ini terjadi, lokus kegiatan perlu dialihkan dari rumah sakit ke penyedia layanan masyarakat, khususnya dokter umum atau GP,” kata Dr. Alan Ong, principal di Boston Consulting Group (BCG), kepada Healthcare Asia.

Di bawah reformasi kesehatan, ada empat sasaran, yaitu: i) mengerahkan dokter keluarga untuk perawatan pencegahan, mengembangkan rencana kesehatan untuk penyesuaian gaya hidup; ii) pemeriksaan kesehatan dan vaksinasi rutin, mengaktifkan mitra masyarakat untuk menjalani gaya hidup yang lebih sehat; iii) meluncurkan latihan pendaftaran nasional bagi penduduk untuk berkomitmen melihat satu dokter keluarga dan rencana kesehatan; dan iv) menyiapkan rencana IT dan tenaga kerja serta langkah-langkah pembiayaan untuk mengoperasikan HealthierSG.

Naithy Cyriac, Partner di YCP Solidiance, mengatakan reformasi kesehatan juga membantu menciptakan perjalanan pasien yang lebih lancar. Misalnya, pasien pertama-tama akan pergi ke dokter keluarga untuk penilaian kesehatan awal; dan untuk konsultasi lebih lanjut, mereka dapat dipindahkan ke rumah sakit tersier lainnya.

Dia mencatat bahwa karena beberapa pusat perawatan masyarakat mungkin tidak memiliki peralatan medis tercanggih, rumah sakit yang lebih besar dapat menangani perawatan yang membutuhkan teknologi canggih.

“Daripada pasien langsung pergi ke rumah sakit yang lebih besar, mereka bisa pergi ke dokter keluarga terlebih dahulu, dan membangun hubungan dan kepercayaan dengan mereka,” kata Cyriac, dalam sebuah wawancara dengan Healthcare Asia.

Cara lain agar reformasi kesehatan dapat membantu rumah sakit besar adalah dengan mempromosikan peran perawatan primer melalui klinik kecil yang menjadi fokus jaringan rumah sakit swasta besar. Cyriac mengutip Raffles Medical Group, IHH Healthcare, dan Fullerton Health sebagai beberapa grup perawatan kesehatan terkenal yang berinvestasi di fasilitas perawatan primer.

“Grup rumah sakit swasta besar secara aktif melibatkan basis pelanggan mereka dengan berbagi wawasan di situs web dan memungkinkan masyarakat mendaftarkan minat/mendaftar untuk inisiatif HealthierSG dengan mudah,” kata Cyriac.

Pelaksanaan HealthierSG bergantung pada program pendaftaran nasional, yang akan dilakukan secara bertahap mulai paruh kedua 2023. Kementerian Kesehatan (Kemenkes) akan mendorong penduduk berusia 60 tahun ke atas untuk mendaftar ke dokter keluarga pada pertengahan 2023, diikuti kelompok usia 40-59 tahun dalam dua tahun ke depan.

Pengeluaran kesehatan yang lebih rendah

Tujuan utama HealthierSG adalah untuk mengurangi pertumbuhan jangka panjang dalam pengeluaran perawatan kesehatan. Perawatan pencegahan seringkali jauh lebih murah daripada pengobatan, sementara juga menghasilkan hasil kesehatan yang lebih baik bagi penduduk. Bukti untuk ini berasal dari sistem seperti Kaiser Permanente yang memiliki penekanan kuat pada pencegahan yang terjalin di seluruh aspek interaksi mereka dengan pasien, kata Ong dari BCG.

Namun, penting juga untuk menyadari bahwa penghematan biaya akan membutuhkan waktu untuk terwujud.

Ong mengatakan fase awal Healthier SG akan meningkatkan skrining kesehatan yang direkomendasikan dan untuk meningkatkan tindak lanjut reguler dan pengelolaan penyakit kronis.

“Ini akan memiliki dampak jangka pendek berupa peningkatan ketegangan pada sistem perawatan kesehatan karena semakin banyak orang ditemukan dengan kondisi medis, dan semakin banyak orang yang datang untuk menangani kondisi kronis mereka,” kata Ong.

“Namun, dalam jangka panjang, deteksi dan intervensi dini akan menurunkan beban penyakit. Oleh karena itu penting untuk merencanakan dengan pemahaman bahwa HealthierSG akan membutuhkan waktu untuk menunjukkan hasil yang diinginkan dengan biaya yang lebih rendah dan kualitas hidup yang lebih baik,” kata Ong.

Cyriac dari YCP Solidiance mengatakan tujuan HealthierSG untuk menurunkan biaya adalah efek jangka panjang, mengingat pendekatan bertahap reformasi.

Idenya adalah bahwa reformasi berusaha mengatasi kerentanan terhadap penyakit kronis dengan memungkinkan pasien melakukan konsultasi rutin tahunan dengan dokter keluarga mereka untuk diagnosis dini dan pengobatan gejala potensial yang terkait dengan penyakit kronis, kata Cyriac.

Melakukan hal ini akan mengurangi jumlah pasien yang didiagnosis dengan penyakit kronis dalam jangka panjang, menghasilkan lebih sedikit pasien yang membutuhkan perawatan jangka panjang dalam kurun waktu lima sampai sepuluh tahun, katanya.

Salah satu cara menurunkan biaya perawatan kesehatan di bawah HealthierSG juga menerapkan obat yang lebih terjangkau. Di sinilah kerja sama apoteker dengan dokter umum dan dokter keluarga diperlukan.

“Karena lebih banyak orang yang mendaftar ke dokter umum, akan lebih mudah untuk melakukan skrining di basis komunitas. Misalnya, melalui klinik setempat, masyarakat dapat menerima pemeriksaan diabetes yang direkomendasikan untuk mengidentifikasi kondisi kesehatan pasien. Dengan peningkatan cakupan skrining, pasien dapat diidentifikasi pada tahap awal,” kata Chia Hsuan Lin, seorang analis di GlobalData, kepada Healthcare Asia.

“Sangat penting bagi dokter umum dan apotek untuk memberikan konsultasi medis dan nasihat pribadi,” tambah Lin.

Pengeluaran untuk perawatan tahap awal atau perawatan sedang hingga berat terlihat meningkat dan tujuan pemerintah adalah untuk mengontrol keseluruhan pengeluaran, membuatnya lebih terjangkau, kata Lin. Menurunkan biaya perawatan kesehatan terutama akan membantu para lansia, yang menghadapi beban keuangan berat karena mereka paling rentan terhadap penyakit.

Di antara faktor-faktor yang mendorong reformasi kesehatan baru ini adalah pertumbuhan populasi geriatri di Singapura. Satu dari empat penduduk diperkirakan akan mencapai usia 65 tahun ke atas pada 2023.

Singapura juga melihat prevalensi penyakit kronis yang mencakup hipertensi dan hiperlipidemia, yang naik ke tingkat yang sangat mengkhawatirkan, masing-masing sebesar 32% dan 37%.

Subsidi penting, menurut Cyriac, termasuk akses ke skrining yang direkomendasikan yang disubsidi penuh (diabetes tipe 2, hipertensi, kanker payudara/serviks/kolorektal, dll.) dan vaksinasi (influenza dan vaksinasi pneumokokus untuk usia 65+ tahun, dll.).

“Konsultasi onboarding pertama dengan dokter keluarga akan gratis untuk penghuni. Selain itu, penduduk tidak perlu lagi membayar bersama sebagian dari tagihan mereka (biasanya 15%) saat memilih MediSave untuk manajemen perawatan kronis,” katanya.

Biaya check-in tahunan untuk dokter keluarga juga akan disubsidi oleh pemerintah dan dokter keluarga akan menerima biaya layanan tahunan, berjenjang berdasarkan profil risiko kesehatan, ruang lingkup perawatan yang dibutuhkan, dan kemajuan yang dibuat dalam perawatan pencegahan atau manajemen penyakit kronis untuk penduduk yang terdaftar.

“Selain itu, untuk memastikan konsolidasi dan pembagian metrik kesehatan pasien, hibah satu kali juga akan ditawarkan ke klinik utama untuk mendorong digitalisasi,” kata Cyriac.

Dokter umum yang menjadi bagian dari jaringan perawatan primer (PCN) juga akan mendapatkan dana dan dukungan administrasi dari Kementerian Kesehatan (MOH).

“Inisiatif ini semakin mendorong dokter keluarga untuk bergabung dengan PCN. Pada tahun 2018, 340 klinik menjadi bagian dari PCN dan telah berkembang menjadi 670 klinik hari ini dibandingkan dengan total sekitar 1.800 klinik di Singapura,” kata Cyriac.

Tantangan digital

Segmen TI HealthierSG juga akan memutakhirkan aplikasi kesehatan digital dan perangkat yang dapat digunakan dalam mengurangi tugas manual dan meningkatkan diagnosis kesehatan. Contoh dari aplikasi kesehatan dan perangkat yang dapat digunakan adalah aplikasi Healthy365 (H365), yang telah digunakan oleh 700.000 penduduk untuk National Steps Challenge and the Eat Drink Shop Healthy Challenge.

Di bawah HealthierSG, H365 akan memantau aspek lain dari hidup sehat dengan alat pencatat diet yang melacak asupan kalori harian dan memberikan feedback yang dipersonalisasi berdasarkan pola diet.

Tetapi menerapkan teknologi canggih mungkin menghadapi masalah keamanan siber. Sebuah studi 2022 dari Philips Singapura menunjukkan bahwa hanya 23% orang Singapura yang membagikan data kesehatan mereka secara teratur dengan dokter atau penyedia layanan kesehatan mereka. Di antara kekhawatiran utama mereka adalah privasi data (35%) dan kurangnya pengetahuan tentang berbagi data kesehatan (20%).

HealthierSG dapat mengatasi tantangan ini terlebih dahulu, dengan memberi pasien pilihan data apa yang dapat dibagikan, kata Cyriac. “Akses data sepenuhnya dikendalikan oleh pasien, sehingga mereka bisa memilih apa yang bisa dibagikan,” ujar Cyriac.

Kedua, memberikan hibah atau subsidi satu kali untuk membantu dokter keluarga menerima peningkatan dan menerapkan proses digitalisasi yang diperlukan untuk mengatasi masalah privasi.

Depkes mendorong kerangka kerja untuk pengumpulan data kesehatan yang aman di seluruh ekosistem perawatan kesehatan Singapura seperti yang diwujudkan dalam RUU Informasi Kesehatan yang masih menunggu persetujuan di Parlemen.

“RUU tersebut akan mengamanatkan penyedia layanan kesehatan berlisensi untuk menyumbangkan catatan medis pasien yang dirangkum ke dalam National Electronic Health Record sehingga memungkinkan akses ke data kesehatan pasien oleh tim perawatan mereka di berbagai pengaturan. Ini juga akan mengamanatkan tata kelola data, IT, dan kapabilitas keamanan siber oleh penyedia layanan kesehatan dan perantara data,” sebagaimana disebutkan dalam whitepaper.

Depkes juga mempelajari ketentuan dalam RUU tersebut karena juga akan menerapkan pengamanan yang jelas dan ketat untuk memastikan penanganan informasi kesehatan yang tepat.

Hambatan lain untuk aplikasi digital adalah mendorong populasi lanjut usia untuk menggunakannya. Perluasan pusat perawatan lansia atau eldcare center (EC) dapat membantu dan HealthierSG berusaha untuk meningkatkan EC dari 119 saat ini menjadi 220 pada  2025.

“EC menyediakan kegiatan dan layanan untuk orang tua dan inisiatif untuk memperluas layanan untuk memasukkan a) pemantauan tanda-tanda vital yang dipilih berbasis komunitas, b) penghubung komunitas untuk membantu warga lanjut usia untuk mendaftar program yang relevan, dan c) memfasilitasi penyerapan inisiatif kesehatan seperti acara kesehatan masyarakat, pemeriksaan kesehatan dasar (demensia, dll.) atau perencanaan akhir kehidupan,” kata Cyriac.

Dengan bantuan Agency for Integrated Care (AIC), staf di EC akan dilatih untuk meningkatkan kemampuan mereka dalam membantu membimbing lansia yang memiliki masalah digital. Silver Generation Office (SGO) yang sudah melakukan kunjungan kesehatan preventif, juga akan membahas inisiatif SG yang Lebih Sehat selama kunjungan ini untuk meningkatkan kesadaran. Selain itu  akan ada peningkatan infrastruktur publik seperti penghubung taman dan fasilitas olahraga untuk mempromosikan gaya hidup aktif.

Kekurangan dan pelatihan staf kesehatan

Menerapkan reformasi kesehatan akan membutuhkan lebih banyak tenaga kerja, yang merupakan salah satu tantangan utama, kata Cyriac. Menurut whitepaper HealthierSG, jumlah dokter di Singapura tumbuh 50% dari 10.200 pada 2012 menjadi 15.000 pada 2022. Untuk perawat, jumlahnya naik 25% dari sekitar 34.500 pada 2012 menjadi sekitar 43.000 pada 2022.

Saat ini, lebih dari 2.600 dokter yang memberikan perawatan primer terdaftar di College of Family Physicians Singapore (CFPS), di mana 1.600 di antaranya memiliki diploma pascasarjana untuk kedokteran keluarga pada akhir tahun keuangan 2021.

“Inisiatif SG yang Lebih Sehat mengakui kebutuhan untuk meningkatkan jumlah dokter dan perawat di layanan primer dan komunitas dari seperlima saat ini menjadi setidaknya seperempat pada 2030. Ini sangat ambisius dan Depkes memperkirakan bahwa 3.500 dokter keluarga akan dibutuhkan oleh 2030 untuk memfasilitasi implementasi,” kata Cyriac.

Dia juga mengatakan ada penurunan minat untuk mengejar dokter keluarga sebagai pilihan karir di atas spesialisasi.

Salah satu cara untuk mengatasi hal ini adalah rencana Depkes untuk berkolaborasi dengan CFPS dan komite pelatihan Kedokteran Keluarga terkait, untuk memastikan bahwa semua dokter keluarga yang berpartisipasi dalam HealthierSG terakreditasi sebagai dokter keluarga.

Selain mengisi kekurangan, reformasi layanan kesehatan juga berupaya meningkatkan pelatihan interdisipliner bagi perawat dan profesional layanan kesehatan lainnya untuk memimpin inisiatif perawatan masyarakat.

Tetapi Cyriac mengatakan penting untuk mengidentifikasi pendekatan demi memperluas jumlah profesional terlebih dahulu sebelum memperluas cakupan layanan bagi profesional kesehatan, yang kewalahan karena pandemi COVID-19.

Di antara perluasan kesempatan pendidikan dan pelatihan terkait perawatan kesehatan adalah perluasan asupan keperawatan dan kesehatan terkait di Institut Pendidikan Teknik, Politeknik Nanyang, Politeknik Ngee Ann, Institut Teknologi Singapura, dan Universitas Nasional Singapura.

Singapore Institute of Technology juga memulai program top-up gelar keperawatannya, sementara Nanyang Technological University membuka sekolah kedokteran ketiga di Singapura.

HealthierSG juga ingin menambah jumlah tenaga kesehatan lainnya seperti apoteker. Karena apoteker akan berkoordinasi dengan dokter umum dan dokter keluarga, Lin dari GlobalData mengatakan masih belum ada pelatihan khusus untuk apoteker tetapi dia mengatakan kerjasama apoteker dengan petugas kesehatan akan meningkat.

“Akan ada kerja sama lintas departemen untuk membuat seluruh staf tingkat lokal bekerja sama. Misalnya, bagaimana staf lokal dapat melacak kondisi kesehatan pasien, terutama dalam situasi di mana orang yang tinggal di panti jompo mungkin tidak memiliki waktu untuk mengunjungi klinik lokal,” kata Lin.

Menempatkan penekanan pada perawatan pencegahan, HealthierSG akan memungkinkan apoteker untuk memimpin inisiatif perawatan masyarakat, mengambil tanggung jawab yang lebih besar dan praktik di atas lisensi mereka.

HealthierSG akan melatih lebih banyak “petugas awam”, yaitu tenaga non-medis yang dapat melakukan tugas-tugas dasar seperti mengatur pemeriksaan kesehatan awal, dan mengoordinasikan rujukan ke program komunitas.

Kesehatan transformasional

Belajar dari pandemi COVID-19, penting untuk memastikan bahwa proses dan kebijakan perawatan dirancang berdasarkan apa yang terbaik bagi pasien. Ini termasuk memikirkan masalah operasional yang dapat mempengaruhi pengalaman pasien, seperti waktu tunggu, antarmuka digital yang akan dimiliki pasien, dan gradien pembiayaan dari sudut pandang pasien.

Untuk pasar farmasi, akan ada subsidi dan diskon untuk pengobatan penyakit kronis. Lin mengatakan kesadaran masyarakat terhadap penyakit kronis akan meningkat karena pasien dapat menerima diagnosis rutin untuk memahami kondisi kesehatannya.

“GPS dan apoteker juga dapat memberikan beberapa saran medis kepada mereka. Penggunaan produk gaya hidup dapat meningkat dalam jangka pendek karena meningkatnya aksesibilitas perawatan primer,” katanya.

Dengan perombakan sistem perawatan kesehatan saat ini, yang fokus pada perawatan pencegahan, Cyriac mengatakan akan meningkatkan kesehatan dan kualitas hidup semua warga Singapura dalam jangka panjang.

“Inisiatif ini merupakan langkah signifikan ke arah yang benar dan mendorong kolaborasi yang lebih besar antara ekosistem layanan kesehatan untuk mencapai KPI ambisius yang diidentifikasi seperti pendaftaran dokter umum dalam jangka pendek, tingkat aktivitas fisik dalam jangka menengah, dan prevalensi penyakit kronis  jangka panjang,” katanya.

Pemindaian AI terkini meningkatkan diagnosa di Shin Kong Wu Ho-Su Memorial Hospital

Rumah sakit di Taiwan ini menggunakan teknologi endoskop yang dibantu AI untuk mendeteksi polip dan kamera resolusi tinggi untuk telemedis.

The Medical City membuka jalan bagi integrasi AI dalam layanan kesehatan lokal dan penelitian dengan Lunit

AI telah diintegrasikan ke dalam layanan mamografi dan rontgen dada di jaringan rumah sakit ini.

RUU data kesehatan Singapura mewajibkan pengaturan pemberian informasi

Untuk memastikan pengungkapan dan pemberian data, Kementerian Kesehatan dapat memberlakukan denda hingga $1 juta atas ketidakpatuhan.

Implantologi Digital, Jalan Dentway untuk pendarahan minimal dari operasi implan gigi

Rumah sakit gigi Taiwan menjamin pemulihan penuh dari prosedur tanpa jahitan dalam waktu seminggu atau dua minggu, bahkan untuk penderita diabetes.

China Medical University Hospital mengembangkan sistem AI yang telah menyelamatkan nyawa sebanyak 30% pasien

Salah satu platform AI mereka  adalah sistem triase yang dapat mengidentifikasi serangan jantung dalam waktu hampir 40 detik.

Rumah sakit TMU memperoleh kemajuan dengan DeepBrain-Cognito untuk mendeteksi risiko demensia secara dini

Sistem Layanan Kesehatan TMU mendefinisikan ulang rumah sakit pintar dengan perangkat lunak dan  terobosan AI.

Rumah sakit KMU mengadopsi teknologi Denmark untuk meredakan stres ibu hamil dalam proses persalinan.

Ini akan mengurangi beban kerja perawat dan mengatasi kepadatan di ruang gawat darurat.

Sistem Da Vinci CGMH menetapkan standar baru untuk operasi robotik yang mahir.

Teknologi bedah robotik telah memungkinkan rumah sakit Taiwan ini untuk mengeluarkan keajaiban bedah Da Vinci, memperoleh HIMSS 7, dan memimpin masa depan perawatan pasien yang cerdas.

Sistem AI auto-contouring di rumah sakit Taiwan yang mempercepat radioterapi awal untuk tumor.

Sistem AI Far Eastern Memorial Hospital (FEMH) di Taiwan dapat menghemat 75% dari proses terapi.