NOVI Health hadirkan pendekatan holistik untuk penyakit berbasis gaya hidup | Healthcare Asia Magazine
, Singapore

NOVI Health hadirkan pendekatan holistik untuk penyakit berbasis gaya hidup

Tim spesialis medis, ahli diet, dan pelatih kebugaran menawarkan intervensi gaya hidup.

Dengan lingkungan yang semakin urban dan konsumsi kalori yang lebih besar, telah terjadi peningkatan penyakit yang berhubungan dengan gaya hidup. Secara khusus, satu dari sembilan orang Singapura menderita diabetes, menurut sebuah penelitian yang didukung pemerintah, yang diperkirakan akan menyebabkan munculnya biaya pengobatan sekaligus hilangnya produktivitas sekitar $1,8 miliar pada tahun 2050.

Dengan ini, tiga dokter berkumpul untuk mendirikan layanan kesehatan medis digital, NOVI Health, dengan tujuan bersama mempromosikan pendekatan holistik untuk mengobati kondisi kronis di luar resep obat. Bisnis ini bertujuan untuk mencari cara untuk mengelola, mencegah, atau menangani penyakit terkait gaya hidup dengan lebih baik seperti diabetes dan hipertensi.

Sejak diluncurkan pada Maret 2019, perusahaan telah melayani lebih dari 300 klien, dan telah mencatat tingkat retensi lebih dari 98%. Klien yang mereka terima pada fase awal operasi sebagian besar berasal dari rujukan dari mulut ke mulut.

Dalam wawancara eksklusif dengan Layanan kesehatan Asia, pendiri NOVI Health Joanne Tay, Sue-Anne Toh dan Kyle Tan berbagi tentang awal mula bisnis mereka, kondisi layanan kesehatan di Singapura yang menginisiasi tujuan mereka, dan inisiatif kedepan mereka untuk memperluas akses digital dalam penawaran mereka.

1. Bisakah Anda ceritakan bagaimana awal mula Anda berkumpul dan mendirikan NOVI Health?

Kami memulai NOVI dengan tujuan untuk mengatasi kebutuhan yang tidak terpenuhi yang kami lihat di ekosistem layanan kesehatan. Di NOVI, kami melakukan berbagai hal secara berbeda—dengan mengintegrasikan perawatan klinis dan intervensi gaya hidup dengan teknologi untuk solusi holistik yang lebih personal.

Selama bertahun-tahun kami melayani dalam sistem layanan kesehatan masyarakat Singapura, kami telah melihat peningkatan yang stabil dalam jumlah pasien dengan kondisi kronis, seperti diabetes dan hipertensi, yang datang melalui klinik kami. Ini tidak mengejutkan bagi kami, mengingat bahwa perilaku gaya hidup yang memiliki risiko kesehatan, seperti pola makan yang tidak sehat dan kurangnya aktivitas bergerak, adalah hal biasa di masyarakat kita. Pada saat yang sama, populasi kita menua, dan risiko kondisi seperti itu juga meningkat seiring bertambahnya usia. Kekhawatiran dengan kondisi ini adalah bahwa jika tidak dikelola dengan baik, dapat menyebabkan serangan jantung, stroke, dan gagal ginjal.

Kami menginginkan cara untuk membantu individu mengelola, mencegah, atau bahkan membalikkan kondisi kronis dengan lebih baik, sehingga mereka dapat hidup, merasa, dan terlihat lebih baik.

Untuk melakukan ini, kami percaya ada dua elemen kunci sangat penting. Pertama, kami harus mengatasi akar penyebab penyakit kronis, bukan hanya mengobati gejalanya—ini berarti membantu individu lebih memahami bagaimana gaya hidup mereka memengaruhi kesehatan mereka sendiri, dan bekerja bersama dengan mereka dalam perubahan kecil yang berkelanjutan untuk mencapai hasil yang diinginkan. Kedua, kami harus secara aktif memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan efektivitas perawatan dan meningkatkan efisiensi, sambil mempertahankan sentuhan fisik dan hubungan emosional dengan klien kami.

Tiga pendiri kami berasal dari latar belakang yang berbeda—dalam pengobatan penyakit dalam, kondisi metabolisme, dan pengobatan pencegahan—tetapi kami bertemu untuk bekerja sama dalam program layanan kesehatan untuk populasi di tingkat regional dan nasional. Bekerja di tingkat pasien individu serta pada tingkat sistem layanan kesehatan yang lebih luas, memberi kami perspektif unik tentang bagaimana membantu tidak hanya pasien yang ‘melewati pintu’ kami, tetapi juga bagaimana mendorong perubahan dalam skala besar.

Pengalaman dan keyakinan bersama inilah yang mendorong kami untuk menemukan NOVI Health—solusi kesehatan yang disempurnakan dengan teknologi yang berupaya mencegah, membalikkan, dan mengobati penyakit gaya hidup kronis dengan cara yang tidak hanya disesuaikan untuk individu, tetapi juga dapat ditingkatkan ke komunitas yang lebih besar.

2. Apa saja kebutuhan akan layanan kesehatan yang ditangani oleh NOVI Health?

Kami bekerja dengan spektrum klien yang luas, dari mereka yang sehat, hingga mereka yang berisiko, atau hidup dengan, kondisi kronis. Kami fokus pada kondisi terkait gaya hidup seperti diabetes, hipertensi, kolesterol tinggi, penyakit liver berlemak, dan obesitas.

Untuk membantu orang menilai risiko kondisi kronis mereka dengan lebih baik, kami menyediakan program pemeriksaan kesehatan yang tidak hanya mencakup tes berbasis bukti dan pemeriksaan medis, tetapi juga penilaian gaya hidup komprehensif yang mengidentifikasi peluang untuk membangun perilaku yang lebih sehat.

Bagi mereka yang hidup dengan kondisi kronis atau kondisi berisiko prekursor (seperti pra-diabetes), tim multidisiplin kami, yang terdiri dari spesialis medis, ahli diet, dan pelatih kesehatan dan kebugaran, menawarkan intervensi gaya hidup yang dipersonalisasi, dilengkapi dengan obat-obatan yang sesuai.

Kami juga memiliki aplikasi seluler Proprietary yang membantu klien melacak perilaku gaya hidup dan memahami bagaimana perilaku tersebut memengaruhi kesehatan mereka. Informasi ini membantu tim kami untuk memberikan intervensi yang disesuaikan, berdasarkan penilaian kami terhadap keadaan gaya hidup unik setiap individu. Hal yang penting, aplikasi ini memungkinkan kami untuk tetap berhubungan dengan klien kami dari jarak jauh, sehingga kami dapat terus menawarkan saran kepada mereka bahkan setelah mereka keluar dari klinik kami.

Model perawatan kami juga dicontohkan dalam kolaborasi kami dengan mitra industri. Misalnya, NOVI Health telah bermitra dengan Thomson Medical Centre untuk meluncurkan HOPE Program. Program ini mendukung ibu hamil dengan diabetes gestasional dalam manajemen nutrisi dan gaya hidup, serta pemantauan glukosa. Ini secara unik menggabungkan pengajaran tatap muka dan pelatihan kesehatan digital, sehingga ibu hamil dapat menerima perawatan holistik untuk kondisi mereka, sambil menghindari kebutuhan untuk sering pergi ke klinik.

3. Apa tonggak bisnis utama NOVI Health?

Kami telah berkembang pesat sejak diluncurkan pada Maret 2019. Kami telah melayani lebih dari 300 klien sejauh ini, dengan tingkat retensi lebih dari 98%. Klien-klien ini pada fase awal operasi kami sebagian besar berasal dari rujukan dari mulut ke mulut. Selain dengan klien secara langsung, kami sekarang juga memiliki kemitraan korporat dengan organisasi, perusahaan asuransi, pialang asuransi, karyawan, penyedia layanan kesehatan lainnya, dan petugas medis, yang semuanya akan membantu meningkatkan jangkauan kami. Kami akan melayani lebih dari seribu klien pada akhir tahun ini.

Ambil contoh kerja sama kami baru-baru ini dengan Great Eastern Life Insurance. Pengguna GREAT SupremeHealth dari Great Eastern memiliki akses ke rangkaian lengkap solusi kesehatan dan kebugaran NOVI Health dengan harga yang disukai.

Secara terpisah, kami ingin memperluas pasar di luar Singapura ke Asia Tenggara selama dua-tiga tahun ke depan.

4. Bagaimana Anda mengatasi tantangan Anda sebagai eksekutif Novi Health?

Sebagai perusahaan kecil dan gesit, kami dapat terus mengembangkan produk dan model layanan kami dalam menanggapi perubahan kebutuhan pasar.

Ambil contoh COVID-19. Penerapan langkah-langkah untuk menahan penyebaran infeksi, seperti social distancing, telah menciptakan permintaan yang lebih kuat untuk layanan telemedicine. Solusi kami sudah mencakup komponen kesehatan digital, di mana kami memberikan pelatihan dan saran kesehatan jarak jauh kepada klien melalui aplikasi kami.

Mengingat situasi saat ini, kami telah meningkatkan penawaran kami untuk memastikan bahwa klien kami terus dapat mengakses layanan kami dengan lancar dan mendapatkan obat-obatan mereka, tanpa harus mengunjungi klinik secara fisik. Ini berarti memiliki pilihan untuk melakukan konsultasi jarak jauh melalui panggilan video/telepon, resep jarak jauh, dan pengiriman obat ke tempat tinggal mereka.

Kesehatan dan keselamatan klien kami selalu menjadi prioritas utama kami, dan kami memanfaatkan teknologi untuk tujuan itu. Sensor glukosa flash, misalnya, memungkinkan kami untuk terus memantau kondisi klien dari jarak jauh, dan fitur pesan aplikasi memberi klien kami akses berkelanjutan ke saran dan dukungan kami bila diperlukan.

5. Bagaimana status Singapura dalam industri kesehatan global untuk penyakit metabolik?

Di Singapura, penyakit kronis yang berhubungan dengan gaya hidup, termasuk penyakit metabolik seperti diabetes, menimbulkan tantangan kesehatan dan sosial yang serius. Faktor-faktor seperti gaya hidup modern, lingkungan yang semakin urban dan konsumsi kalori yang lebih besar telah menimbulkan peningkatan obesitas, dan disfungsi metabolik yang menyertai pada anak-anak dan orang dewasa. Akibatnya, prevalensi diabetes meningkat; satu dari sembilan orang Singapura menderita diabetes, dan prevalensi pra-diabetes atau Impaired Glucose Tolerance (IGT) bahkan lebih tinggi. Bagi mereka yang berada dalam kelompok usia 60 hingga 69 tahun, hampir satu dari tiga orang dewasa menderita diabetes.

Ini memiliki dampak yang mahal pada masyarakat. Baik biaya pengobatan maupun kerugian produktivitas diperkirakan akan menelan biaya sekitar US$1,8 miliar pada tahun 2050. Pergeseran layanan kesehatan—dari pengobatan symptomatic ke pendekatan holistik dan terintegrasi—lebih efisien dalam jangka panjang, dan mengarah pada hasil yang positif.

Oleh karena itu, ada kebutuhan mendesak untuk mengidentifikasi dan menerapkan strategi yang efektif untuk mendeteksi, mengobati, mengelola, dan mencegah penyakit metabolik.

6. Adakah inisiatif baru yang dapat ditiru oleh penyedia layanan kesehatan lain?

Tantangan layanan kesehatan di Asia dan global, seperti populasi yang menua dan meningkatnya prevalensi penyakit kronis, menyediakan platform yang ‘membara’ untuk inovasi yang dapat meningkatkan hasil dengan biaya yang lebih hemat dan berkelanjutan.

Teknologi yang dapat memberdayakan orang untuk lebih memahami kesehatan mereka, memperluas akses ke perawatan, dan mengoptimalkan hasil yang berdampak signifikan pada perubahan perjalanan penyakit. Sebagai alat yang dapat diskalakan, intervensi kesehatan digital memiliki potensi besar untuk meningkatkan kesehatan dan distribusi layanan kesehatan bagi mereka yang hidup dengan penyakit kronis, dengan meningkatkan efektivitas, efisiensi, aksesibilitas, dan personalisasi.

Seiring waktu, kami berupaya meningkatkan penawaran kesehatan digital kami dan memanfaatkan analitik data dan Artificial Intellegent (AI) untuk memprediksi pola dan profil risiko dengan lebih baik, sehingga intervensi dapat lebih efisien dan ditargetkan secara optimal ke susunan genetik dan gaya hidup unik setiap individu. Dalam konteks ini, NOVI Health memiliki posisi yang baik untuk menjadi mitra terpercaya dengan menawarkan perawatan holistik yang mengintegrasikan perawatan klinis, perilaku, dan digital.

Follow the link for more news on

Rumah Sakit Tan Tock Seng mengembangkan model baru perawatan bedah

Model perawatan bedah ini dapat memotong masa inap di rumah sakit dari enam hari hanya  menjadi satu hari.

Menggunakan saluran offline dan online untuk melawan kesalahan persepsi tentang hepatitis B ‘silent disease’ di Singapura

Hibah US$1 juta dari Gilead Sciences akan membantu NFDD dan organisasi berbasis komunitas lain di seluruh Asia untuk memerangi sikap apatis publik terhadap penyakit hati.

Langkah pintar rumah sakit terpencil menghadapi cuaca buruk dan pemadaman listrik

Rumah Sakit Koh Phangan menghemat jutaan baht Thailand untuk biaya perawatan setelah beralih menjadi rumah sakit pintar.

Apakah Asia siap untuk menempatkan layanan kesehatan di cloud? Inilah yang dikatakan eksekutif AWS

Chief Medical Officer Amazon Web Services Rowland Illing mengatakan negara-negara akan bergerak dengan kecepatan yang berbeda.

Kalbe Farma bermitra dengan perusahaan barang konsumsi untuk meningkatkan bisnis di Filipina

Hal ini menandai kerjasama usaha patungan dengan Ecossential Food Corp.

Mengapa pengadaan adalah rintangan terbesar dalam tujuan rumah sakit hijau dan bagaimana cara mengatasinya

Pengadaan adalah salah satu dari 10 kerangka kerja Global Green and Healthy Hospital (GGHH) bagi rumah sakit untuk mencapai nol bersih emisi pada 2050.

Klinik perawatan mata Malaysia berkembang menjadi pusat ‘Boutique’ untuk meningkatkan layanannya

OasisEye Specialist mengerahkan mesin skrining AI ke daerah terpencil di mana dokter jarang ditemui keberadaannya.

Rumah Sakit The Medical City berusaha meningkatkan jumlah pasien asing yang masuk

Hal ini memotong harga untuk pemeriksaan kelas eksekutif sebesar 15% untuk pelancong dari Guam dan Pasifik.

Apa yang spesial dari keberhasilan RS Pondok Indah Group meraih validasi HIMSS EMRAM level 6?

Ini adalah satu-satunya rumah sakit di Indonesia yang mendapatkan penilaian tersebut di tingkat tertinggi.

OneOnco memungkinkan pasien untuk mengakses sistem pendukung kanker seharga $ 1

Ini adalah solusi total onkologi berbasis digital bagi mereka yang mencari informasi terpercaya atau untuk memulai perawatan medis mereka.