Bumrungrad International Hospital targetkan layanan kesehatan holistik kelas dunia | Healthcare Asia Magazine
, Thailand

Bumrungrad International Hospital targetkan layanan kesehatan holistik kelas dunia

CEO Artirat Charukitpipat berbagi tentang rencana dan prestasi yang telah dicapai rumah sakit di bawah kepemimpinannya.

Bumrungrad Hospital telah memberikan layanan kepada pasiennya baik lokal maupun internasional selama empat dekade.

Terlepas dari tantangan yang dihadapi oleh industri ini, Bumrungrad, sebuah rumah sakit perawatan kuartener (quaternary care), terus beradaptasi dan berinovasi dengan menyediakan perawatan medis yang “sangat kompleks” dan berinvestasi dalam manajemen data, antara lain, untuk meningkatkan layanan kepada pasiennya.

Healthcare Asia berbicara dengan CEO Artirat Charukitpipat untuk membahas inisiatif, pencapaian, serta rencana rumah sakit baru-baru ini untuk mencapai tujuannya menyediakan layanan kesehatan kelas dunia dan inovatif.

Apa prinsip Bumrungrad International Hospital yang digunakan sebagai pedoman dalam memberikan pelayanan kepada pasiennya?

Selama empat dekade, Bumrungrad International telah dipandu oleh prinsip-prinsip yang paling dihargai oleh pasien kami: Kami bertujuan untuk memberikan perawatan dengan kualitas dan keamanan tertinggi dalam standar internasional kelas dunia, dengan hospitality Thailand yang terkenal di dunia.

Kami tidak bersandar pada kesuksesan masa lalu kami; sebaliknya kami terus bergerak maju menembus batas, melakukan peningkatan lewat inovasi berbasis ilmiah dan akademis. Dengan cepat mengadopsi teknologi dan inovasi baru di bidang IT, pengobatan presisi, dan genetika memungkinkan kami senantiasa siap untuk masa depan. Yang terpenting bagi kami adalah orang-orang yang kami libatkan dan kembangkan, yang mendorong kesuksesan kami. Merek kami tidak hanya sangat terlihat di komunitas kami, tetapi kami adalah bagian dari komunitas—terlibat dan membangun kepercayaan serta keberlanjutan dengan tata kelola dan etika yang baik.

Kolaborasi, inovasi dan teknologi, serta kepedulian adalah prioritas Bumrungrad. Bisakah Anda ceritakan inovasi terbaru apa yang telah diintegrasikan rumah sakit dalam layanannya?

Dengan situasi saat ini, Bumrungrad telah menjadi pengguna awal dalam memberikan perawatan untuk pasien internasional kami melalui platform telemedicine dan mendukungnya dengan pengiriman obat dan layanan laboratorium serta radiologi keliling untuk pasien lokal kami.

Kami berada di garis depan  dalam obat genetika dan presisi serta telah mengintegrasikan platform ini ke dalam praktik klinis kami. Pasien kami mendapat manfaat dari mengetahui obat mana yang akan menyebabkan reaksi merugikan bahkan sebelum mereka minum obat, dan dokter kami dapat menyesuaikan dosis obat yang sesuai untuk mengoptimalkan manfaat therapeutic.

Kami telah menerapkan teknologi pemasaran canggih yang memungkinkan kami untuk secara efisien melibatkan pasien kami melalui semua platform media sosial. Teknologi ini membantu kami menganalisis dan mengintegrasikan data secara efektif dari platform ini untuk keterlibatan aktif pasien kami. Kami juga telah berinovasi dan mengembangkan solusi dalam kesehatan pasca-Covid-19 dengan penerapan model bisnis baru di kampus utama kami.

Prestasi apa yang telah dicapai rumah sakit di bawah kepemimpinan Anda?

Di industri kesehatan, Bumrungrad International Hospital menonjol sebagai penyedia perawatan kuartener, menawarkan perawatan medis yang sangat kompleks dengan inovasi canggih. Dengan standar kualitas internasional, setiap tahun, pasien internasional lebih dari 190 negara di seluruh dunia mencapai 50% dari pasien Bumrungrad, atau lebih dari 520.000 pasien.

Menghadapi pandemi selama beberapa tahun terakhir, Bumrungrad telah menerapkan langkah-langkah monitoring dan screening tingkat tertinggi untuk virus COVID-19 dengan mematuhi pedoman nasional negara tersebut. COVID-19 Command Center juga dibentuk untuk merespon perubahan situasi setiap hari dan Hospital Incidence Command System sesuai dengan standar U.S. Centers for Disease Control. Selain itu, laboratorium medis Bumrungrad International adalah laboratorium rumah sakit swasta pertama di Thailand yang disertifikasi untuk menjalani pengujian COVID-19 di Thailand oleh Department of Medical Sciences Ministry of Public.

Bumrungrad tetap berkomitmen untuk mendorong organisasi menuju healthcare holistik kelas dunia, meningkatkannya menjadi rumah sakit perawatan kuartener, di puncak piramida perawatan medis. Rumah sakit ini menyediakan perawatan medis yang sangat kompleks dengan inovasi-inovasi canggih, termasuk penggunaan obat-obatan canggih yang membutuhkan tenaga medis yang sangat terampil dan berpengalaman. Rumah sakit juga terlibat dalam penelitian dan pengembangan yang mencari inovasi, uji coba obat, diagnosis atau pembedahan dalam kasus yang jarang atau rumit, serta memperluas fasilitas ruang tekanan negatif. Teknologi canggih juga menambah efisiensi Bumrungrad. Sistem pengeluaran obat robotik telah membantu mengurangi kesalahan yang dapat disebabkan oleh proses manual. Tujuan utamanya adalah zero-manual process, yang seharusnya lebih mampu untuk meningkatkan keselamatan pasien, kunci paling vital dari operasi bisnis rumah sakit.

Tren industri kesehatan masa depan mendorong Bumrungrad untuk berinvestasi dalam sistem manajemen big data yang disebut Bio Computing Platforms atau BCP, yang merupakan salah satu yang pertama di dunia. Sistem ini memungkinkan untuk menghubungkan data DNA pasien dengan data rumah sakit di Electronic Medical Record dengan mudah dan cepat. Rumah sakit juga berfokus pada obat resep atau obat pencegahan yang dipersonalisasi, yang melibatkan pengujian genetik dan menawarkan beberapa manfaat klinis.

Namun, untuk mencapai pembangunan berkelanjutan di industri kesehatan, diperlukan kerja dan upaya di semua lini: tenaga medis, teknologi baru, peralatan modern, serta kualitas layanan. Faktor penting lainnya adalah menciptakan jaringan mitra untuk membantu memperluas basis pelanggan—memanfaatkan kekuatan masing-masing rumah sakit mitra, mentransfer pengetahuan satu sama lain, dan berkolaborasi untuk pertumbuhan di seluruh industri. Inilah kunci keberlanjutan dalam industri rumah sakit saat ini.

Bumrungrad International Hospital dinobatkan sebagai Diagnostic Provider of the Year dan Anda dinobatkan sebagai Chief Executive Officer of the Year (Thailand) di Healthcare Asia Awards 2021. Bagaimana perasaan Anda tentang pengakuan ini? Apa arti penghargaan ini bagi rumah sakit?

Saya sangat tersanjung meraih dua penghargaan ini; CEO of the Year dan Diagnostic Provider of the Year. Penghargaan ini membuktikan kerja keras dan usaha tim kami. Penghargaan ini milik semua orang di Bumrungrad. Saya ingin menyampaikan terima kasih saya kepada jajaran direksi, tim manajemen rumah sakit, dokter, dokter gigi, semua profesional medis, setiap anggota staf, dan setiap pasien kami atas dukungan, dedikasi, dan kepercayaan mereka selama ini kepada Bumrungrad.

Saya benar-benar percaya kolaborasi dan kerja tim adalah modal penting bagi orang biasa seperti kami untuk mendapatkan hasil yang tidak biasa. Kami akan terus memberikan pasien kami layanan kesehatan holistik kelas dunia dengan inovasi dalam standar keamanan dan kualitas tertinggi.

Sebagai CEO, bagaimana rasanya memimpin rumah sakit di tengah krisis kesehatan dibandingkan sebelum pandemi?

Memimpin rumah sakit yang menyediakan layanan kesehatan untuk 190 negara dan lebih dari satu juta pasien setiap tahun dalam iklim ekonomi normal sebelum krisis kesehatan sudah menjadi tantangan tersendiri. Namun, tantangan yang kami hadapi sekarang berbeda dan belum pernah terjadi sebelumnya. Keputusan yang kami buat harus mempertimbangkan penelitian ilmiah dan berbasis bukti saat ini. Tim kepemimpinan yang kuat diperlukan untuk mengubah rumah sakit kami secara cepat dengan kelincahan untuk mengatasi tantangan baru. Kami merencanakan satu langkah ke depan yang membuat komunikasi dan kepercayaan yang efektif menjadi sangat penting dalam melibatkan dan mendapatkan dukungan dari semua pemangku kepentingan. Meski tantangannya berbeda, misi, visi, dan nilai inti kami tetap sama. Budaya dan DNA kita sebelum COVID-19 tidak berubah.

Apa tantangan lain yang Anda hadapi dalam memimpin salah satu rumah sakit top di Thailand dan bagaimana Anda mengatasinya? Apa tantangan lain dalam sistem layanan kesehatan yang Anda lihat selain COVID-19 dan menurut Anda bagaimana cara mengatasinya?

Berbagi praktik terbaik dalam sistem layanan kesehatan di Thailand dan di beberapa negara. Kita mungkin mulai dengan kelompok yang berfokus pada bidang tertentu seperti implementasi IT, manajemen rantai pasokan, perawatan pasien dan keunggulan klinis, akademisi dan penelitian, dan lain-lain di wilayah tersebut. Dari sana, kami dapat berkembang dengan kolaborasi lebih lanjut, pertukaran pengetahuan, dan yang terakhir, konsorsium layanan kesehatan  di wilayah tersebut.

Karena World Economic Forum memperkirakan resesi ekonomi yang berkepanjangan sebagai akibat dari penutupan perbatasan atau lockdown di seluruh dunia dan ekonomi yang memiliki risiko tak terbatas untuk masa depan, kami terus mempertahankan keunggulan kompetitif kami dari kompetensi klinis yang sangat baik, adopsi teknologi, perawatan pasien yang bebas bahaya, akuisisi pengetahuan baru, dll. Kami juga membangun kemampuan organisasi tambahan dengan transformasi dan membangun aliansi strategis serta model perawatan baru.

Bagaimana keadaan Thailand saat ini dalam menangani pandemi COVID-19 dan bagaimana rumah sakit membantu mengatasi situasi tersebut?

Kami telah menjalankan peran aktif dan penting sebagai bagian dari Thailand Ministry of Public Health (MoPH) dan Thailand WHO dalam menangani COVID-19. Kami telah merintis hampir setiap proyek MoPH, misalnya Alternate State Quarantine atau ASQ, kemudian Alternate Hospital Quarantine atau AHQ, lalu Hospitel, dll. Kami terus mendukung semua inisiatif ini dan berbagi praktik kami dengan komunitas, bekerja keras untuk melindungi pasien, staf, komunitas, dan negara kami.

Bisakah Anda ceritakan tentang rencana masa depan Bumrungrad? Proyek dan inisiatif lain apa yang sedang dipersiapkan rumah sakit untuk dapat meningkatkan layanan kepada pasien Anda?

Bumrungrad telah berhasil terus meningkatkan platform IT kami dan menerapkan teknologi layanan kesehatan digital agar siap menghadapi kemajuan terbaru dalam teknologi medis sehingga kami dapat menyajikan pilihan terbaik kepada pasien kami dan memutuskan apa yang terbaik untuk mereka. Industri kesehatan dengan cepat bergerak maju ke era baru smart hospitals dan healthcare 5.0. Visi dan tujuan Bumrungrad untuk tahun 2022 adalah untuk bergerak maju dan menyediakan world-class holistic healthcare dan menerapkan teknologi medis yang inovatif dalam perawatan kuartener.

Teknologi medis saja tidak cukup bagi Bumrungrad untuk mencapai misinya. Kami menyadari bahwa komunikasi yang efektif, hubungan yang sehat dengan klien kami, dan kolaborasi adalah kunci dalam memberikan layanan kesehatan terbaik. Dokter, perawat, profesional medis, dan anggota staf kami memberikan kenyamanan kepada pasien dan berusaha memberikan perawatan terbaik yang tersedia. Kami memiliki blameless policy dan pendekatan zero-tolerance terhadap keselamatan di Bumrungrad untuk membantu memaksimalkan standar keselamatan dan kualitas kami.

Follow the link for more news on

Rumah Sakit Tan Tock Seng mengembangkan model baru perawatan bedah

Model perawatan bedah ini dapat memotong masa inap di rumah sakit dari enam hari hanya  menjadi satu hari.

Menggunakan saluran offline dan online untuk melawan kesalahan persepsi tentang hepatitis B ‘silent disease’ di Singapura

Hibah US$1 juta dari Gilead Sciences akan membantu NFDD dan organisasi berbasis komunitas lain di seluruh Asia untuk memerangi sikap apatis publik terhadap penyakit hati.

Langkah pintar rumah sakit terpencil menghadapi cuaca buruk dan pemadaman listrik

Rumah Sakit Koh Phangan menghemat jutaan baht Thailand untuk biaya perawatan setelah beralih menjadi rumah sakit pintar.

Apakah Asia siap untuk menempatkan layanan kesehatan di cloud? Inilah yang dikatakan eksekutif AWS

Chief Medical Officer Amazon Web Services Rowland Illing mengatakan negara-negara akan bergerak dengan kecepatan yang berbeda.

Kalbe Farma bermitra dengan perusahaan barang konsumsi untuk meningkatkan bisnis di Filipina

Hal ini menandai kerjasama usaha patungan dengan Ecossential Food Corp.

Mengapa pengadaan adalah rintangan terbesar dalam tujuan rumah sakit hijau dan bagaimana cara mengatasinya

Pengadaan adalah salah satu dari 10 kerangka kerja Global Green and Healthy Hospital (GGHH) bagi rumah sakit untuk mencapai nol bersih emisi pada 2050.

Klinik perawatan mata Malaysia berkembang menjadi pusat ‘Boutique’ untuk meningkatkan layanannya

OasisEye Specialist mengerahkan mesin skrining AI ke daerah terpencil di mana dokter jarang ditemui keberadaannya.

Rumah Sakit The Medical City berusaha meningkatkan jumlah pasien asing yang masuk

Hal ini memotong harga untuk pemeriksaan kelas eksekutif sebesar 15% untuk pelancong dari Guam dan Pasifik.

Apa yang spesial dari keberhasilan RS Pondok Indah Group meraih validasi HIMSS EMRAM level 6?

Ini adalah satu-satunya rumah sakit di Indonesia yang mendapatkan penilaian tersebut di tingkat tertinggi.

OneOnco memungkinkan pasien untuk mengakses sistem pendukung kanker seharga $ 1

Ini adalah solusi total onkologi berbasis digital bagi mereka yang mencari informasi terpercaya atau untuk memulai perawatan medis mereka.