Kapan saatnya membeli peralatan medis yang mahal? Ini kata rumah sakit khusus ortopedi di Malaysia | Healthcare Asia Magazine
, Malaysia
479 views
/ALTY Hospital

Kapan saatnya membeli peralatan medis yang mahal? Ini kata rumah sakit khusus ortopedi di Malaysia

Mereka  menginvestasikan hampir RM15 juta untuk menyediakan peralatan diagnostik medis paling canggih dalam perawatan ortopedi.

Fokus menjadi rumah sakit  khusus-tunggal atau single-specialty ortopedi menjadikan tim di rumah sakit ALTY atau “Adding Life to Years” untuk membeli teknologi mutakhir yang mahal tanpa keraguan.

Tidak seperti rumah sakit besar, ALTY tidak berinvestasi dalam teknologi yang tidak terkait dengan perawatan ortopedi. Setelah berkonsultasi dengan mitra dan ahli bedahnya, ALTY menghabiskan RM15 juta untuk memperoleh peralatan medis canggih seperti sistem pencitraan untuk diagnosis penyakit ortopedi yang akurat untuk membantu dokter mengevaluasi pasien mereka lebih akurat.

Perangkat medis ini tidak hanya digunakan untuk memberikan perawatan lanjutan kepada pasien, tetapi juga untuk membantu ahli bedah ortopedi lainnya di Malaysia.

Dari soft opening pada Januari 2022 hingga peluncuran resmi pada Juli 2022, sejauh ini rumah sakit telah melakukan 295 operasi ortopedi.

Healthcare Asia berbicara kepada Anwar Anis, Executive Director Rumah Sakit Ortopedi ALTY, untuk berbagi bagaimana salah satu rumah sakit khusus-tunggal di Malaysia beroperasi menawarkan perawatan ortopedi dengan “kualitas yang lebih baik” kepada pasien.

Apa arti rumah sakit ALTY dan apa yang diharapkan orang Malaysia dari rumah sakit?

ALTY adalah salah satu rumah sakit  khusus-tunggal ortopedi pertama di Malaysia. Kami tentu merasa bahwa meskipun kami bukan yang pertama, kami yang paling lengkap, memiliki ahli bedah yang lengkap.

Ini adalah rumah sakit yang merupakan kemitraan antara ahli bedah, dan juga, platform investasi perawatan kesehatan swasta, TE Asia, yang telah mengembangkan satu rumah sakit khusus di seluruh wilayah selama lima hingga enam tahun terakhir. Kami percaya dengan pendekatan kami terhadap ortopedi, kami pasti dapat membantu orang hidup lebih baik, bukan hanya tentang memperpanjang hidup mereka, tetapi memiliki kualitas hidup yang baik dari perspektif ortopedi.

Kami juga memiliki ahli bedah yang beralih dari tempat kerja mereka sebelumnya ke ALTY dan ini berlangsung hingga 2022. Mulai 7 Juli, kami adalah rumah sakit  khusus-tunggal ortopedi yang lengkap dengan delapan ahli bedah residen dan hampir 150 staf untuk menyediakan perawatan terbaik bagi pasien.

Apa arti peluncuran rumah sakit ini bagi ortopedi di Malaysia?

Peluncuran rumah sakit ini hampir secara simbolis sampai tahap tertentu, tetapi juga tentang kesiapan untuk melayani masyarakat, baik di Kuala Lumpur, Malaysia, maupun di sekitar kawasan. Kami sekarang memiliki rumah sakit ortopedi yang ditujukan untuk memberikan standar perawatan terbaik  ortopedi umum tetapi juga tempat di mana masyarakat umum dan bahkan dokter lain dapat membawa pasien mereka untuk melakukan prosedur yang rumit.

Di ALTY, kami memiliki ahli bedah yang sangat berpengalaman yang telah bermitra dengan TE Asia. Tetapi karena mereka di sini bersama sebagai mitra, ini adalah tempat di mana seorang ahli bedah tidak melakukan sesuatu sendiri, terutama untuk prosedur yang kompleks dengan manfaat yang signifikan bagi pasien.

Apakah ada tren terkini di bidang ortopedi yang menjadi fokus rumah sakit?

Tentu. Salah satu alasan mengapa TE Asia dan para dokter mitra berkumpul untuk melakukan hal ini adalah seiring bertambahnya usia masyarakat, baik di Malaysia, maupun di kawasan, seperti di Singapura, di mana kebutuhan akan perawatan ortopedi semakin meningkat.

Seiring bertambahnya usia, sayangnya, persendian akan mulai memberi masalah dan membutuhkan perhatian apakah itu bedah atau non-bedah. Itulah alasan mengapa kami percaya bahwa ini adalah waktu yang tepat bagi kami membawa perawatan ortopedi tingkat berikutnya ke wilayah ini.

Dengan itu, kami percaya memiliki peran dalam masyarakat, di mana selain memberikan pengobatan, kami juga mulai meningkatkan kesadaran. Baik itu di masyarakat umum, maupun dokter umum di luar sana, kami percaya itu adalah bagian dari peran kami. Apa yang kami bawa adalah tingkat perawatan baru dalam ortopedi, kami membawa robotika, diagnostik canggih, dan citra medis dalam ortopedi.

Kami yang pertama di Malaysia yang memasang sistem pencitraan canggih yang disebut EOS yang sangat cocok untuk ortopedi, terutama untuk skoliosis, tetapi juga yang pertama di Malaysia yang memasang pencitraan resonansi magnetik atau magnetic resonance imaging (MRI).

Kami memiliki teknologi yang bagus untuk ortopedi dan karena itu, kami akan menyediakan layanan ini tidak hanya untuk ahli bedah di ALTY tetapi kami telah mengembangkannya dan menyediakannya untuk ahli bedah ortopedi lainnya di Kuala Lumpur. Kami pasti akan membuat perawatan ortopedi lebih mudah diakses oleh masyarakat umum, tidak hanya untuk tim ahli bedah yang kami miliki.

Apa yang unik dari layanan ALTY?

Diagnostik, yang khusus untuk ortopedi. Kami adalah yang pertama memasang beberapa teknologi dan itu meningkatkan prosedur. Dengan ini, kita bisa mendapatkan gambar yang lebih jelas, laporan yang lebih baik. Cara inovatif dalam melakukan diagnosa tentu akan memberikan sudut pandang yang berbeda bagi ahli bedah.

Pada beban berat, misalnya, fakta pasien melakukan MRI dalam posisi berdiri memberikan ahli pandangan yang lebih baik tentang bagaimana tulang belakang mereka dikompresi, atau bagaimana reaksi persendian pasien ketika mereka berdiri ketimbang ketika berbaring.

Kami juga menawarkan robotika yang berkembang di Malaysia. Kami berharap membuatnya menjadi lebih umum, sehingga pasien dapat mengambil manfaat dari operasi robotik pada persendian saat ini.

Kami juga memiliki C-arm 3D yang memungkinkan ahli bedah melakukan pemindaian hampir seperti CT (computed tomography) di ruang operasi yang memungkinkan mereka mengetahui apakah implan mereka berada di tempat yang tepat sebelum pasien masuk; daripada melakukan prosedur dan kemudian pasien dikirim kembali ke bangsal dan satu atau dua hari kemudian melakukan CT scan dan kemudian baru ditentukan apakah ada beberapa ketidaksejajaran atau beberapa koreksi yang perlu dilakukan.

Karena ini melibatkan banyak teknologi mutakhir, apakah ini akan dikenakan biaya premium untuk masyarakat umum?

Sebaliknya, salah satu keuntungan dari spesialisasi tunggal adalah kami dapat menggunakan skala ekonomi dan menurunkan biaya. Kami memiliki delapan ahli bedah yang telah bertemu dan memesan bahwa ada satu vendor mitra untuk implan sendi dan untuk implan tulang belakang. Ini cukup jarang, meskipun kita mungkin berpikir sebaliknya, apakah itu rumah sakit umum atau swasta.

Untuk dapat mengkonsolidasikan dan menegosiasikan implan terbaik dengan harga terbaik, kami menawarkan ini kembali kepada pasien. Meskipun merupakan satu-satunya rumah sakit khusus-tunggal untuk ortopedi, memiliki beberapa ahli bedah berpengalaman yang sangat mapan dan menggunakan beberapa implan yang baik, ALTY sangat kompetitif di pasar dan menawarkannya dengan harga yang sangat efektif bagi pasien.

Selain itu, bahkan untuk diagnostik, kami membuatnya kompetitif. Saya pikir buktinya adalah fakta ada dokter dari rumah sakit lain yang mengirim pasien kepada kami untuk dipindai. Sekarang, bahkan Kementerian Kesehatan yang mengirim pasien kepada kami dan kami baru saja akan menyelesaikan diskusi tentang meminta rumah sakit universitas mengirim pasien mereka kepada kami untuk sistem pencitraan canggih. Saya pikir kami membuat layanan yang mudah diakses dengan harga terjangkau.

Bagaimana rumah sakit ALTY meyakinkan manajemen untuk membeli teknologi mutakhir?

Saya akan membaginya menjadi beberapa aspek. Salah satunya adalah kami adalah kemitraan antara dokter dan TE. Sebagai kemitraan, apa yang kami lakukan tidak seperti rumah sakit multi-spesialisasi dan rumah sakit besar, ada diskusi yang kuat antara ahli bedah dan TE meskipun kami mendirikan rumah sakit untuk melihat apa yang masuk akal dari perspektif ortopedi. Kami kemudian tidak perlu berinvestasi dalam teknologi yang cukup umum yang perlu memenuhi kebutuhan non-ortopedi.

Anda dapat membayangkan di rumah sakit multicenter yang besar, teknologi apa pun yang Anda beli, perlu diterapkan secara umum karena ada begitu banyak spesialisasi yang bersaing untuk mendapatkan sumber daya tersebut.

Namun, di ALTY, kita tahu bahwa teknologi ini digunakan terutama untuk ortopedi. Jadi, tidak terlalu menjadi masalah dalam memutuskan untuk berinvestasi dalam teknologi bernilai jutaan dolar ini karena kami tahu bahwa fokusnya adalah pada spesialisasi tertentu.

Kami juga merasa mengadopsi teknologi secara awal akan memungkinkan kami menawarkan teknologi ini di luar pasien dan dokter kami. Karena itu, kami sudah melakukan itu dan itu masuk akal secara ekonomi bagi kami untuk berinvestasi lebih jauh. Mesin EOS misalnya bernilai sekitar US$1 juta meskipun kami menjaga biaya pemindaian sangat kompetitif, hanya sedikit di atas sinar-x biasa dengan hasil diagnostik yang jauh lebih baik, dan juga memiliki paparan radiasi yang jauh lebih rendah.

Apakah ada keraguan dalam membeli teknologi mahal untuk perawatan?

Itu sebabnya ada diskusi yang kuat antara TE dan dokter mitra. Kami ingin mengatakan ide-ide ini muncul dalam diskusi-diskusi tersebut, dan dari diskusi itu kami bersama-sama menyepakati apakah teknologi ini bermanfaat, atau hemat biaya.

Beberapa hal mungkin juga paling baik untuk membawanya sedikit lebih lambat dalam siklus pengembangan kami begitu rumah sakit matang, dan ini akan menjangkau pasien lebih besar. Kami juga telah memutuskan ada hal-hal yang akan kami berikan di tahun ketiga, dan tahun keempat, dan seterusnya, dalam hal inovasi.

Oleh karena itu, saya tidak akan mengatakan keraguan, tapi itu bagian dari rencana dan dalam proses. Itu selalu merupakan keputusan kolektif yang dibuat rumah sakit.

Apakah Anda masih menawarkan cara tradisional untuk menangani masalah tertentu?

Meskipun saya telah menyebutkan robotika, sebagian besar prosedur kami dilakukan secara konvensional. Meskipun saya akan menghindari mengatakan itu dilakukan dengan cara tradisional, karena dokter kami jelas telah mengadopsi metode bedah terbaru dan seterusnya. Tapi ya, kami dapat mengatakan bahwa penggantian lutut dan pinggul yang umum masih dilakukan di rumah sakit.

Tidak semua orang ingin memiliki robotika atau metode terbaru. Saya akan memberi Anda sebuah contoh. Untuk penggantian pinggul, di antara ahli bedah kami, beberapa mengadopsi apa yang dikenal sebagai pendekatan anterior langsung atau DAA. Itu pendekatan yang sedikit berbeda, tetapi lebih populer, di pasar seperti AS, dan diminta oleh pasien yang mungkin pernah mendengarnya.

Tetapi semua ahli bedah kami, termasuk mereka yang melakukan pendekatan anterior langsung, juga melakukan penggantian pinggul dengan metode umum, di mana pendekatannya dari posterior. Itu kembali ke preferensi dan kesesuaian pasien.

Apa masalah muskuloskeletal umum yang Anda amati dan perawatan khusus apa yang Anda tawarkan untuk itu?

Masalah pinggul dan lutut meningkat baik karena penuaan tetapi juga sayangnya karena di Malaysia, obesitas adalah masalah dan itu berdampak pada sendi individu.

Masalah lutut dan penggantian lutut menjadi lebih umum. Kami juga melihat masalah pinggul menjadi lebih umum.

Biasanya, di antara orang Asia, pinggul tidak terlalu menjadi masalah, mungkin menjalani satu operasi pinggul atau penggantian pinggul hingga empat atau lima penggantian lutut. Tetapi di ALTY, kami melihat bahwa rasio tersebut sedikit berubah, dan kami melihat tingkat operasi pinggul yang lebih tinggi di masa yang akan datang.

Dari sudut pandang tulang belakang, saya pikir sudah pasti bahwa sejumlah besar individu memiliki masalah tulang belakang tetapi tidak semua orang membutuhkan pembedahan, hanya perawatan konservatif. Beberapa saran tentang cara merawat tulang belakang Anda, dari fisio hingga manajemen nyeri, seperti suntikan intra-artikular, dan sebagainya, tentu  sedang meningkat.

Kami memiliki tiga ahli bedah tulang belakang yang sangat berpengalaman yang dapat melakukan prosedur kompleks bersama-sama. Tapi aspek lainnya juga perawatan pasca bedah di ALTY. Kami memiliki perawat yang sekarang sangat terbiasa melihat masalah ortopedi hari demi hari, yang hal itu meningkatkan tingkat kompetensi mereka. Jadi tidak hanya operasi tetapi perawatan pasca operasi juga melayani pasien dengan masalah tulang belakang yang kompleks.

Apakah akan ada ekspansi ALTY di negara-negara Asia lainnya?

Mirip dengan jaringan jantung kami, saat ini kami sedang berdiskusi dengan ahli bedah tentang kemungkinan membuka sesuatu yang mirip dengan ALTY, baik di Thailand maupun di Indonesia.

Apakah itu akan dikenal sebagai ALTY, kami tidak yakin karena kami biasanya mengadopsi nama yang masuk akal bagi masyarakat setempat, dan nama yang sesuai dengan visi dokter mitra kami.

Jadi ketika itu terjadi, kami akan memutuskan apakah itu disebut ALTY atau tidak, tetapi akan menjadi model yang sama, di mana itu adalah kemitraan antara ahli bedah dan TE, untuk kepentingan masyarakat.

Follow the link for more news on

Tech startup memperbaiki tekanan biaya perawatan kesehatan negara berpenghasilan rendah

Penyedia layanan kesehatan dapat menggunakan perangkat lunak dan telepon pintar untuk mengurangi biaya tinggi untuk diagnosis.

Perjalanan Indonesia menuju rekam medis elektronik

Hanya 13% rumah sakit yang telah menerapkan rekam medis elektronik secara optimal di Indonesia.

Bagaimana penyedia layanan kesehatan di Asia Tenggara mengatasi tekanan biaya

Pasar bereksperimen dengan single-specialty care dan ambulatory care centre.

Kapal Rumah Sakit Angkatan Laut Cina menawarkan layanan kesehatan gratis di Jakarta

Kapal rumah sakit ini menawarkan layanan rawat jalan selama delapan hari.

Mengapa penyedia layanan kesehatan Asia harus fokus pada pelatihan digital untuk tenaga kerja

Seorang pakar kesehatan digital menyoroti e-training Singapura untuk petugas kesehatan sebagai contoh terbaik.

Apa yang masih kurang dalam upaya pencegahan virus hepatitis di kalangan ibu hamil di Asia Pasifik?

Masih ditemui kekurangan dalam hal skrining dan obat eliminasi penyakit di antara wanita hamil.

Bagaimana spesialis THT menemukan perlindungan ekstra terhadap penyakit yang ditularkan melalui udara selama scope procedure

Pakar kesehatan berupaya mencegah kontaminasi aerosol dan droplet selama prosedur pembedahan.

Mengapa Osteopore Singapura memilih untuk berekspansi di Afrika Selatan

Untuk menandai ekspansi, perusahaan mengirimkan pengiriman implan regeneratif tengkorak yang pertama.

Kapan saatnya membeli peralatan medis yang mahal? Ini kata rumah sakit khusus ortopedi di Malaysia

Mereka  menginvestasikan hampir RM15 juta untuk menyediakan peralatan diagnostik medis paling canggih dalam perawatan ortopedi.

Rumah Sakit Tan Tock Seng mengembangkan model baru perawatan bedah

Model perawatan bedah ini dapat memotong masa inap di rumah sakit dari enam hari hanya  menjadi satu hari.