BDMS Thailand memperluas model bisnis kesehatan melalui perawatan preventif | Healthcare Asia Magazine
, Thailand
468 views
Photo from BDMS website

BDMS Thailand memperluas model bisnis kesehatan melalui perawatan preventif

BDMS menyediakan aktivitas kesehatan dan mengeksplorasi layanan kesehatan di luar lingkungan rumah sakit.

Bangkok Dusit Medical Services (BDMS), sebuah grup rumah sakit swasta di Thailand, berusaha mengembangkan layanannya di luar rumah sakit menjadi perawatan preventif.

Dengan lebih dari 50 rumah sakit di Thailand dan Kamboja, BDMS juga memiliki investasi di laboratorium, farmasi, dan toko obat.

BDMS juga secara aktif berfokus pada penyediaan perawatan preventif dengan mempromosikan layanan kesehatan, pemeriksaan kesehatan, suplemen vitamin, dan olahraga. Tujuannya saat ini untuk mempromosikan gaya hidup sehat bagi orang-orang yang mencapai usia 50 tahun yang memiliki uang untuk menjaga kesehatan mereka.

Di sela-sela Medical Fair di Hong Kong Convention dan Exhibition Centre pada 17 Mei 2023, Healthcare Asia mewawancarai Dr. Poramaporn Prasarttong-Osoth, Presiden BDMS, mengenai rencana grup rumah sakit untuk program perawatan medis dan wisata medis yang terjangkau namun berkualitas.

Berikut percakapannya:

Bagaimana BDMS secara aktif berkontribusi terhadap pertumbuhan pariwisata di Thailand?

BDMS, saat ini, telah beroperasi selama lebih dari 50 tahun, melayani pasien Thailand dan internasional. Mereka yang mengunjungi kami kebanyakan berasal dari Kamboja, Myanmar, dan juga Timur Tengah). Turis yang juga datang ke Thailand termasuk orang Eropa, warga AS, dan sebagainya. Kami juga melayani ekspatriat yang bekerja di Thailand.

Inisiatif atau kemitraan apa yang ada untuk memaksimalkan potensi wisata medis rumah sakit?

Kami bekerja sama dengan ekspatriat dalam hal memberikan perawatan. Kami terlibat dengan perwakilan internasional secara individual, memberikan bantuan daripada membentuk kemitraan formal. Ini sangat penting bagi warga negara asing yang datang ke Thailand untuk bekerja. Tetapi untuk negara lain, kami memiliki agen dari negara mereka yang membawa pasien kepada kami.

Strategi apa yang memungkinkan BDMS menyediakan perawatan kesehatan yang terjangkau namun berkualitas bagi penduduk Thailand dan warga negara lain?

Kami mengutamakan kualitas. Keunggulan klinis, ditambah layanan, adalah tugas perawatan kesehatan swasta. Perhatian kami bukanlah perawatan kesehatan yang murah atau mahal, tetapi yang kami lihat adalah perawatan kesehatan yang berharga. Bukan hanya uang yang dibayarkan, ini adalah waktu dan segala sesuatu yang berhubungan dengan perawatan kesehatan yang memiliki nilai.

Strategi kami, yaitu perawatan kesehatan yang fokus pada  nilai, adalah jalan menuju keberlanjutan karena jika mengenakan biaya lebih, pasien tidak dapat membayar. Tetapi itu harus dipenuhi di tengah jalan dan mereka melihat bahwa apa yang telah diberikan baik perawatan atau layanan, itulah yang pantas mereka dapatkan dan sesuai dengan apa yang mereka bayar.

Bisakah Anda memberi kami program dan contoh bagaimana BDMS menyediakan perawatan yang terjangkau namun berkualitas?

Kami mulai dengan perawatan preventif yang berarti kami ingin semua orang menjaga diri mereka sendiri. Kami percaya bahwwa menjaga kesehata dengan baik, itu akan lebih murah daripada jatuh sakit atau jatuh sakit, mengingat tingginya biaya kesehatan saat ini.

Kami mempromosikan pemeriksaan kesehatan dan obat-obatan presisi. Namun, jika sakit, maka pasien harus memiliki kualitas perawatan yang sangat baik, yang berarti  kerja sama antara dokter dari multidisiplin dan profesional medis.

Bisakah Anda mendiskusikan program dan layanan terbaru BDMS dan apa yang membedakannya dari inisiatif pariwisata medis penyedia layanan kesehatan lainnya?

Kami pandai membangun kepercayaan dengan wisatawan medis, sehingga mereka terus menggurui layanan kami untuk waktu yang lama. Saat ini, kami telah memperluas fokus kami di luar pengobatan bahkan sebelum pasien sakit, yang berarti mempromosikan pemeriksaan, pengujian, suplemen vitamin, dan program olahraga. Semua inisiatif ini dirancang untuk membuat mereka kuat dan tetap sehat. Bahkan wisatawan medis yang tidak datang ke Thailand sering memilih program kebugaran kami.

Bagaimana rencana rumah sakit untuk mempertahankan keunggulan kompetitifnya dalam pariwisata medis? 

Di masa depan, kita tidak hanya harus memberikan pengobatan; kita harus menjaga kesehatan pencegahan dan mempromosikan kesehatan yang baik. Itulah keseluruhan perjalanan dari satu orang yang menjaga dirinya sendiri. Ini merupakan perluasan dari kuratif ke preventif dan juga rehabilitasi. Itulah keseluruhan perjalanan perawatan kesehatan dan itu tidak hanya mencakup orang sakit atau pasien. Begitu kami mulai mempromosikan kesehatan atau perawatan pencegahan plus rehabilitasi, maka harus memperluas pasar. Katakanlah ada satu pasien kanker, kami dapat memberikan layanan kesehatan untuk seluruh keluarga yang mencakup segala usia yang harus dimulai dengan perawatan pencegahan. Saat ini, kami fokus pada kelompok usia mulai dari 50 tahun dan itu adalah usia yang sudah mapan dan mencari gaya hidup sehat. Beberapa dari mereka bekerja terlalu keras, mereka ingin melakukan olahraga performa tinggi sehingga masing-masing dari mereka memiliki tujuan mereka sendiri dan ingin berumur panjang. Tidak hanya berumur panjang, tetapi juga tetap kuat. 

Bagaimana prospek rumah sakit untuk industri perawatan kesehatan tiga sampai lima tahun dari sekarang? Apakah Anda melihat tren atau kemajuan baru yang sedang dipersiapkan secara aktif oleh rumah sakit Anda? 

Berbicara tentang diri kami sendiri, kami mengembangkan jaringan rumah sakit, menjangkau lebih dari 50 rumah sakit di seluruh Thailand sampai ke Kamboja. Tapi apa yang kami lihat untuk bisnis kesehatan bukan hanya perawatan kuratif atau rumah sakit, tapi harus lebih dari itu. Ini bisa berupa perawatan di rumah, laboratorium, farmasi, dan toko obat karena setiap hari kebanyakan dari kita menyentuh titik perawatan kesehatan. Kedepannya, touch point itu tidak harus di rumah sakit. Ini bisa menjadi touch point di supermarket lokal atau gym karena bisnis perawatan kesehatan itu sendiri telah berkembang. Ini adalah fakta dan itulah mengapa bisnis yang sebelumnya tidak terlibat dalam perawatan kesehatan, sekarang ingin menjadi bagian darinya.

Pemindaian AI terkini meningkatkan diagnosa di Shin Kong Wu Ho-Su Memorial Hospital

Rumah sakit di Taiwan ini menggunakan teknologi endoskop yang dibantu AI untuk mendeteksi polip dan kamera resolusi tinggi untuk telemedis.

The Medical City membuka jalan bagi integrasi AI dalam layanan kesehatan lokal dan penelitian dengan Lunit

AI telah diintegrasikan ke dalam layanan mamografi dan rontgen dada di jaringan rumah sakit ini.

RUU data kesehatan Singapura mewajibkan pengaturan pemberian informasi

Untuk memastikan pengungkapan dan pemberian data, Kementerian Kesehatan dapat memberlakukan denda hingga $1 juta atas ketidakpatuhan.

Implantologi Digital, Jalan Dentway untuk pendarahan minimal dari operasi implan gigi

Rumah sakit gigi Taiwan menjamin pemulihan penuh dari prosedur tanpa jahitan dalam waktu seminggu atau dua minggu, bahkan untuk penderita diabetes.

China Medical University Hospital mengembangkan sistem AI yang telah menyelamatkan nyawa sebanyak 30% pasien

Salah satu platform AI mereka  adalah sistem triase yang dapat mengidentifikasi serangan jantung dalam waktu hampir 40 detik.

Rumah sakit TMU memperoleh kemajuan dengan DeepBrain-Cognito untuk mendeteksi risiko demensia secara dini

Sistem Layanan Kesehatan TMU mendefinisikan ulang rumah sakit pintar dengan perangkat lunak dan  terobosan AI.

Rumah sakit KMU mengadopsi teknologi Denmark untuk meredakan stres ibu hamil dalam proses persalinan.

Ini akan mengurangi beban kerja perawat dan mengatasi kepadatan di ruang gawat darurat.

Sistem Da Vinci CGMH menetapkan standar baru untuk operasi robotik yang mahir.

Teknologi bedah robotik telah memungkinkan rumah sakit Taiwan ini untuk mengeluarkan keajaiban bedah Da Vinci, memperoleh HIMSS 7, dan memimpin masa depan perawatan pasien yang cerdas.

Sistem AI auto-contouring di rumah sakit Taiwan yang mempercepat radioterapi awal untuk tumor.

Sistem AI Far Eastern Memorial Hospital (FEMH) di Taiwan dapat menghemat 75% dari proses terapi.